Random Post

Arsip

Home » » Wisata Ziarah Pamijahan

Wisata Ziarah Pamijahan

Photobucket


Tasikmalaya, Pamijahan merupakan objek wisata ziarah yang terletak di desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong atau lebih 65 km dari pusat kota Tasikmalaya ke arah selatan dengan luas areal sekitar 25 ha yang selalu ramai dikunjungi. Di sini ada makam keramat Waliyulloh Syech Abdul Muchyi, tokoh penyebar syiar Islam di Jawa Barat dan beberapa keindahan goa seperti Goa Saparwadi.

“Setiap hari selalu ada peziarah yang berkunjung ke sini. Kalau malam Jumat, jumlah peziarah lebih banyak lagi. Apalagi kalau hari-hari besar Islam dan puncaknya pada bulan Maulid,” ungkap Somantri, warga Desa Pamijahan.

Selama ini di objek wisata ziarah Pamijahan kental sekali dengan acara-acara religius dan berbagai ritual agama Islam. Pada hari-hari besar Islam, terutama pada bulan Maulid, lokasi ziarah ini dipadati ribuan oleh pengunjung yang berziarah dari berbagai daerah.

Obyek wisata ziara Pamijahan memang banyak dikunjungi wisatawan nusantara. Namun, sampai saat ini belum tercatat wisatawan mancanegara yang berkunjung ke obyek wisata ini.

“Kalau dirata-ratakan, jumlah wisatawan nusantara yang berkunjung ke obyek wisata Pamijahan berjumlah 522.129 orang pertahun,”jelasnya.

Bila dilihat dari target dan realisasi pendapatan, objek wisata ziarah Pamijahan cukup besar dibanding dengan objek wisata lain. Berdasarkan data tahun 2000 misalnya, target pendapatan sebesar Rp. 82.076.000, ternyata realisasi dapat mencapai angka Rp 88.395.500 atau 107 %. Hal ini membuktikan bahwa obyek wisata Pamijahan sangat prospektif dan cukup besar memberikan kontribusi terhadap PAD Kabupaten Tasikmalaya.
Untuk menunjang obyek wisata ziarah ke komplek pemakaman keramar Syech Abdul Muchyi di Pamijahan dirasakan perlu dibangun sarana akomodasi yang lebih representatif yang memenuhi syarat kesehatan terutama privasi sebagai tempat istirahat. Kalaupun berbentuk barak-barak seperti yang selama ini dikerjakan oleh penduduk setempat, namun dapat dilakukan penataan yang lebih representatif.

Agar dapat memberikan pelayanan yang lebih prima terhadap para penziarah dari segmen pasar lain, mungkin bisa dipikirkan sebuah alternatif, dengan dibangunnya penginapan yang lebih menjamin privasi.

Photobucket


Sumber : Kabarindonesia.com

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda di blog kami

Recent Comment